KURIKULUM MAGISTER ADMINISTRASI PUBLIK

By tommy 21 Mar 2019, 17:51:23 WIB

 

KURIKULUM DAN SEBARAN MATA KULIAH

 

Kode Model Pembelajaran 
A Small Group Discussion (SGD)
B Simulasi/Demonstrasi (S&D)
C Discovery Learning (DL)
D Self Directed Learning (SDL)
E Cooperative Learning (CL)
F Collaborative Learning (CbL)
G Experimental Learning (ExL)
H Contextual Instruction (CI)
I Project Based Learning (PjBL)
J Case Study (CS) =studi kasus
K Computer Aided Learning (CAL)
L Laboratorium Based Learning (LBE)
M Problem Based Learning (PBL)

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

NO. MATA KULIAH DAN DESKRIPSI KETERANGAN
1. Teori-teori Ilmu Sosial Matrikulasi
  Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang perkembangan teori dalam ilmu sosial dan beberapa grand theory sebagai dasar bagi mahasiswa yang berasal dari latar belakang keilmuan non  administrasi publik/non sosial untuk memahami perkuliahan selanjutnya di magister administrasi publik.  
2. Dasar-dasar Ilmu Administrasi Matrikulasi
  Mata kuliah ini menyampaikan dasar berpikir administratif, memahami persoalan-persoalan publik dan perkembangan paradigma dalam administrasi publik.  
3. Teori Administrasi Publik Semester 1
  Mata kuliah ini merupakan kuliah tingkat lanjut yang membahas perkembangan paradigma dan teori dalam administrasi publik dari old public administration, NPM dan NPS serta menjadikannya sebagai alat analisis untuk membedah berbagai persoalan administrasi publik kontemporer.  
4. Filsafat dan Etika Administrasi Publik Semester 1
  Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjutan mempelajari etika administrasi publik serta filsafat yang mendasarinya. Dibahas juga persoalan maladministrasi dan korupsi serta upaya pemberantasannya. Disampaikan juga akuntabilitas sebagai bentuk nyata dari penerapan etika dalam sektor publik.  
5. Ekonomi Politik Pembangunan Semester 1
  Mata kuliah ini memberikan perspektif bagaimana pembangunan amat dipengaruhi oleh persoalan ekonomi-politik baik secara teoretis maupun praktis. Akan dibedah kasus-kasus pembangunan di negara-negara berkembang dan maju untuk memberikan perspektif perbandingan.  
6. Metode Penelitian Administrasi Semester 1
  Mata kuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa untuk merancang dan melakukan penelitian dalam bidang administrasi publik dengan pendekatan kualitatif, kuantitatif maupun metode kombinasi. Mahasiswa diberikan keterampilan untuk menulis hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.  
7. Manajemen dan Inovasi Pelayanan Publik Semester 2
  Mata kuliah ini memberikan pemahaman lanjutan tentang pelayanan publik dalam perspektif NPM dan NPS dan berbagai model pelayanan publik serta inovasi dalam implementasinya sehingga menghasilkan pelayanan publik yang lebih berkualitas. Dibahas juga bagaimana melakukan evaluasi pelayanan publik dengan standar tertentu sebagai bentuk meningkatkan dan menjaga kualitas pelayanan publik.  
8. Organisasi dan Manajemen Publik Semester 2
  Mata kuliah ini memberikan pengetahuan lanjutan tentang organisasi publik dan bagaimana pengelolaannya sehingga tujuan organisasi tercapai. Mata kuliah ini menjelaskan perkembangan teori organisasi, pelembagaan organisasi, perilaku organisasi, kepemimpinan organisasi dan manajemen perubahan yang dilakukan oleh organisasi sektor publik.  
9. Kebijakan Publik Semester 2
  Mata kuliah ini merupakan kuliah lanjutan yang membahas proses keseluruhan kebijakan publik, mulai dari identifikasi masalah, penyusunan agenda, perumusan, implementasi, serta evaluasi dampak kebijakan. Mata kuliah ini juga menjelaskan tentang perubahan, advokasi, dan terminasi kebijakan. Dalam perkuliahan akan dibahas berbagai kasus kebijakan publik untuk bahan analisis dan memperkaya pemahaman mahasiswa.  
10. Komunikasi Organisasi Sektor Publik Semester 2
  Mata kuliah ini memberikan pengatahuan bagaimana komunikasi di dalam dan antara organisasi sektor publik dengan masyarakat. Komunikasi yang baik memastikan akuntabilitas, transparansi dan partisipasi publik berjalan baik. Akan dibahas perkembangan teknologi dan media dan bagaimana hal tersebut mengubah cara berkomunikasi antara organisasi sektor publik dan masryarakat.  
11. Konsep dan Praktek Desentralisasi Semester 3
  Mata kuliah ini memberikan pengerahuan tentang konsep-konsep hubungan pusat dan daerah serta implementasinya baik di Indonesia maupun di negara-negara lain. Secara khusus akan dibahas perkembangan desentralisasi di Indonesia serta berbagai aspek yang menyertainya mulai dari aspek politik, tata kelola pemerintahan, dan dampaknya terhadap pembangunan dan kesejahteraan.  
12. Manajemen Keuangan Publik Semester 3
  Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk melakukan pengelolaan keuangan publik dengan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik yaitu transparan dan akuntabel.  
13. E Governance Semester 3
  Mata kuliah ini menjelaskan dan memberikan pengetahuan tentang kebijakan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan organisasi publik sehingga pelayanan publik bisa tercapai dengan lebih baik. Kuliah akan membedah berbagai model penerapan ICT dalam pemerintahan serta implementasinya di Indonesia maupun negara-negara lain.  
14. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Sektor Publik Semester 3
  Mata kuliah ini menjelaskan dan memberikan pemahaman dan kemampuan mengelola Sumber daya Manusia dalam organisasi publik dalam menjawab perubahan dan tantangan internal dan eksternal. Perkuliahan akan membahas secara khusus reformasi birokrasi di Indonesia.  
15 Tesis Semester 4
  Tugas Karya Akhir bagi mahasiswa S2  
     

 

Ketua Program Studi Sekretaris Program Studi Konsultan Program Studi

Foto

 

Foto

 

      Foto                                          
Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si               
Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati., M.Si                    
Mirza Abdi Khairusy.,MM

LINK AKADEMIK

Sistem Informasi Tugas Akhir dan Akademik (SISTA) Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) wisuda Online web Mail Tirta Repository Tirta Administrasi Tirta Jurnal Pengumuman PMB pengumuman UMM

Visitor Statistic

003563


Pengunjung Hari ini : 3
Total pengunjung : 3563
Hits hari ini : 16
Total Hits : 10625
Pengunjung Online : 1