Dari International Seminar: Technology and Governance, Trend and Impact.

WhatsApp Image 2017-08-07 at 15.27.52

MAP Untirta pada tanggal 12 Agustus menyelenggarakan International Seminar: Technology and Governance, Trend and Impact. Tema ini dipilih karena perkembangan teknologi yang amat pesat berpengaruh besar terhadap tata kelola pemerintahan. Teknologi bisa berdampak positif maupun negatif, tergantung bagaimana dikelola dan dimanfaatkan.

Prof. Okamoto Masaaki menyampaikan bahwa teknologi mencapai level yang menakjubkan dalam berbagai bentuk: Artificial Intelligent (AI), Big Data, sosial media, dan berpengaruh besar tak hanya transformasi tapi bahkan metamorphosis dalam dunia politik dan pemerintahan.  Pilpres 2014 menjadi tonggak bagaimana teknologi informasi digunakan dalam dunia politik. Beberapa daerah seperti Jogjakarta, Jakarta, Bandung atau Bojonegoro menjadi contoh bagaimana IT digunakan untuk mendukung tata kelola pemerintahan dan memberikan pelayanan publik lebih baik dengan prinsip-prinsip Good Governance. Teknologi Drone juga digunakan di beberapa daerah untuk menghasilkan data spasial yang presisis guna menghasilkan perencanaan lebih baik.

Dr. H. Ace, anggota DPR RI dan Dosen MAP menyampaikan relasi antara perkembangan Ilmu Administrasi Publik dengan penggunaan IT dalam tata kelola pemerintahan. Dengan contoh aplikasi teknologi informasi di Jakarta, terbukti pelayanan publik menjadi lebih baik. Aplikasi Qlue misalnya membuat berbagai persoalan di Jakarta seperti sampah atau genangan bisa dimonitor dan diselesaikan dengan cepat dan akurat.

Seminar ini dihadiri oleh berbagai kalangan seperti dosen di berbagai kampus di Banten, mahasiswa, birokrat dan juga masyarakat umum. Seminar ini tak hanya menumbuhkan semangat internasionalisasi di MAP Untirta, adaptif terhadap perkembangan keilmuan, tapi juga merupakan upaya MAP Untirta untuk berkontribusi pada masyarakat.

WhatsApp Image 2017-08-07 at 15.27.52

 

 

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *